Pencabutan & Penarikan Artikel

Kebijakan Praksis: Jurnal Pendidikan, Budaya dan Literasi

Merupakan prinsip umum komunikasi ilmiah bahwa editor jurnal  bertanggung jawab penuh dan independen untuk memutuskan artikel mana yang telah diserahkan ke jurnal yang akan diterbitkan. Dalam membuat keputusan ini editor dipandu oleh kebijakan dewan editor jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Hasil dari prinsip ini adalah pentingnya arsip ilmiah sebagai catatan sejarah yang permanen dari sebuah transaksi ilmiah. Artikel yang telah diterbitkan harus tetap ada, tepat dan tidak diubah sejauh mungkin. Namun, sangat jarang keadaan dapat muncul di mana sebuah artikel diterbitkan yang kemudian harus ditarik kembali atau bahkan dihapus. Tindakan tersebut tidak boleh dianggap enteng dan hanya dapat terjadi dalam keadaan luar biasa. Dalam semua kasus, Sepanjang kasus, arsip kami di Praksis: Jurnal Pendidikan, Budaya dan Literasi akan menyimpan semua versi artikel, termasuk yang ditarik kembali atau dihapus.

Penarikan artikel (Article Withdrawal)
Hanya digunakan untuk Articles in Press yang mewakili versi awal artikel dan terkadang mengandung kesalahan, atau mungkin telah dikirimkan dua kali secara tidak sengaja. Kadang-kadang, tetapi lebih jarang, artikel mungkin merupakan pelanggaran kode etik profesional, seperti penyerahan ganda, klaim palsu atas kepenulisan, plagiarisme, penggunaan data secara curang, atau sejenisnya. Article in Pers (artikel yang telah diterima untuk diterbitkan tetapi belum diterbitkan secara resmi dan belum memiliki informasi volume/edaran/halaman lengkap) yang mengandung kesalahan, atau ditemukan sebagai duplikat yang tidak disengaja dari artikel terbitan lainnya , atau dipastikan melanggar pedoman etika penerbitan jurnal kami dalam pandangan editor (seperti penyerahan ganda, klaim palsu atas kepenulisan, plagiarisme, penipuan penggunaan data atau sejenisnya), mungkin "Ditarik" dari Praksis: Jurnal Pendidikan, Budaya dan Literasi. Ditarik berarti konten artikel (HTML dan PDF) dihapus dan diganti dengan halaman HTML dan PDF yang hanya menyatakan bahwa artikel tersebut telah ditarik sesuai dengan Kebijakan Praksis: Jurnal Pendidikan, Budaya dan Literasi tentang Penarikan Article in Press dengan tautan ke dokumen kebijakan saat ini.

Pencabutan artikel (Article Retraction)
Pelanggaran kode etik profesi, seperti pengiriman ganda, klaim palsu atas kepenulisan, plagiarisme, penipuan penggunaan data atau sejenisnya. Kadang-kadang pencabutan akan digunakan untuk memperbaiki kesalahan dalam pengiriman atau publikasi. Pencabutan artikel oleh penulis atau editornya di bawah saran anggota komunitas ilmiah telah lama menjadi ciri  dari dunia pendidikan. Standar untuk menangani pencabutan telah dikembangkan oleh sejumlah perpustakaan dan badan ilmiah, dan praktik terbaik ini diadopsi untuk pencabutan artikel oleh Elsevier:

  • Catatan pencabutan berjudul “Retraksi: [judul artikel]” yang ditandatangani oleh penulis dan/atau editor diterbitkan di bagian halaman jurnal terbitan berikutnya dan dicantumkan dalam daftar isi.
  • Dalam versi elektronik, tautan dibuat ke artikel asli.
  • Artikel online didahului oleh tampilan layar yang berisi catatan pencabutan. Ke layar inilah tautan diselesaikan; pembaca kemudian dapat melanjutkan ke artikel itu sendiri.
  • Artikel asli dipertahankan tidak berubah kecuali tanda watermark pada .pdf yang menunjukkan pada setiap halaman bahwa artikel itu "ditarik kembali".
  • Versi HTML dokumen dihapus.

Penghapusan artikel: batasan hukum
Dalam kasus yang sangat terbatas, artikel mungkin perlu dihapus dari database online. Hal ini hanya akan terjadi jika artikel tersebut secara jelas mencemarkan nama baik, atau melanggar hak hukum orang lain, atau jika artikel tersebut, atau kami memiliki alasan kuat untuk mengharapkannya, menjadi subjek perintah pengadilan, atau jika artikel tersebut, jika ditindaklanjuti , dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius. Dalam keadaan ini, meskipun metadata (Judul dan Penulis) akan dipertahankan, teks akan diganti dengan layar yang menunjukkan artikel telah dihapus karena alasan hukum.

Penggantian artikel
Dalam kasus di mana artikel tersebut, jika ditindaklanjuti, dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius, penulis artikel asli mungkin ingin menarik kembali dokumen asli yang cacat dan menggantinya dengan versi yang telah diperbaiki. Dalam keadaan ini prosedur pencabutan akan diikuti dengan perbedaan bahwa pemberitahuan pencabutan basis data akan menerbitkan tautan ke artikel yang diterbitkan ulang yang telah dikoreksi dan riwayat dokumen.