Panduan Penulis

Prosedur Pengiriman Naskah (Submitting Manuscript)

  1. Penulis harus terregistrasi terlebih dahulu melalui link registrasi berikut ini: https://jurnalpraksis.com/index.php/jpal/user/register
  2. Setelah login menggunakan akun penulis, ikuti langkah-langkah berikut untuk mengirikan artikel di Praksis: Jurnal Pendidikan, Budaya dan Literasi:
    • Klik "New Submission".
    • Pada bagian "Start" lengkapi semua isian checklist, kemudian klik Save dan Continue.
    • Pada bagian "Upload Submission", unggah naskah dalam format file doc atau MS Word, lalu klik Save dan Continue.
    • Pada bagian "Enter Metadata" masukkan semua data penulis beserta afiliasinya. Jika ada lebih dari satu penulis, klik "Add Author" dan lalukan langkah seperti sebelumnya. Selanjutnya isikan title, abstract, keywords, dan bibliography pada kolom yang tersedia.
    • Pada bagian "Upload Supplementary File", diperbolehkan untuk mengupload file pendukung, surat pengantar atau dokumen lainnya.
    • Pada bagian "Confirmation" klik Finish Submission jika semua data sudah benar.

Petunjuk Umum

  1. Artikel harus ditulis dalam format yang sesuai dengan format penulisan pada Jurnal Ilmiah.
  2. Artikel harus merupakan karya asli, belum pernah dipublikasikan sebelumnya di jurnal cetak atau online manapun.
  3. Ketika status penyerahan (artikel) sedang ditinjau atau telah diterbitkan untuk jurnal ini, penulis tidak diizinkan untuk mengirimkan artikel tersebut ke jurnal lain.
  4. Pengiriman artikel ke redaksi secara online melalui Open Journal System.
  5. Artikel ditulis dengan menggunakan template artikel pada Praksis: Jurnal Pendidikan, Budaya dan Literasi.
  6. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, diperbolehkan menggunakan bahasa inggris.

Petunjuk Khusus

Artikel yang akan dikirimkan ke   Jurnal PRAKSI: Sistem Informasi dan Teknologi Komputasi harus mengikuti kaidah penulisan ilmiah dengan mengikuti style Aptos Narrow (Pendahuluan (Pendahuluan), Metode (Metode), Hasil (Hasil), Pembahasan (Pembahasan)) dan Simpulan.

  • Judul. Judul harus ditulis singkat, dan padat dan jelas – mungkin kreatif untuk menarik pembaca. Maksimal 20 kata dan dalam bahasa Indonesia, dalam format tebal, dengan huruf kapital pada kata pertama kalimat.
  • Abstrak. Abstrak harus mencerminkan substansi seluruh isi artikel dan memungkinkan untuk membantu pembaca menentukan relevansi dengan minat mereka dan memutuskan apakah akan membaca dokumen lengkap atau tidak. Abstrak berisi pernyataan tentang latar belakang, tujuan penelitian atau fokus pembahasan, metode atau langkah-langkah penting penelitian, temuan dan pembahasan, dan kesimpulan. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, masing-masing dalam satu paragraf, spasi tunggal, dan berisi sekitar 150-200 kata.
  • Kata kunci. Kata kunci merupakan kata baku yang dipilih secara cermat sehingga mampu
    mencerminkan konsep artikel terkait. Kata kunci dapat berupa kata atau frase atau kelompok kata yang mencerminkan isi artikel, (minimal tiga kata atau kombinasi kata, disusun dalam urutan abjad dan dipisahkan dengan titik koma).
  • Pendahuluan. Pada dasarnya, pendahuluan memberikan latar belakang umum dari penelitian, tinjauan pustaka (state of the art), orisinalitas penelitian (gap analysis), dan tujuan penelitian. Dalam pandangan pustaka, setidaknya ada 10 artikel yang diulas secara singkat yang dapat membenarkan kebaruan penelitian.
  • Metode. Pada bagian metode memberikan rangkuman mengenai metode yang digunakan, seperti pokok bahasan yang dipelajari, alat dan bahan yang digunakan, model atau desain yang digunakan, teknik pengambilan sampel, variabel yang diukur, analisis dan model statistik yang digunakan.
  • Hasil dan Pembahasan. Pada bagian hasil berisi pemaparan hasil penelitian dapat diilustrasikan menggunakan tabel atau gambar untuk memperjelas pemaparan hasil secara lisan. Data yang disajikan adalah data yang sudah diolah, bukan data mentah. Pembahasan materi terutama yang berkaitan, apakah hasilnya sesuai dengan hipotesis atau tidak, dan mengemukakan argumentasinya.
  • Kesimpulan. Tuliskan kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan dan pekerjaan yang akan datang. Kesimpulan harus menjawab tujuan penelitian atau hipotesis. Tulis kesimpulan secara singkat dan jelas. Jangan mengulang Abstrak, atau hanya menyebutkan hasil percobaan. Berikan pembenaran ilmiah yang jelas untuk pekerjaan Anda, dan bukti kemungkinan aplikasi dan ekstensi. Anda juga harus menyarankan eksperimen di masa mendatang dan/atau menunjukkan eksperimen yang sedang berlangsung.
  • Referensi. Referensi menggunakan style IEEE. Referensi harus merupakan publikasi yang terbit dalam rentang waktu 10 tahun. Referensi dari sumber primer sebesar 80% yang berasal dari artikel dalam jurnal ilmiah, prosiding, disertasi, tesis, buku yang berisi hasil penelitian, dan lain-lain yang merupakan hasil penelitian langsung. Periksa setiap referensi terhadap sumber aslinya (nama penulis, volume, terbitan, tahun, Nomor DOI). Silakan gunakan Aplikasi Manajer Referensi seperti Mendeley dan Zotero.